Senin, 26 September 2011

Pengertian Kurikulum Berbasis Kompetensi

Sebelum membahas Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), maka agar tidak terdapat kerancuan pemahaman, terlebih dahulu akan dijelaskan tentang pengertian kurikulum.

a. Pengertian kurikulum

Istilah kurikulum berasal dari kata "Curriculum" yang mempunyai arti "a course of study in school or university", istilah kurikulum ini pada mulanya dipakai oleh bangsa Yunani di lapangan atlantik dengan pengertian "jarak yang ditempuh". Sedangkan menurut pandangan lama (tradisional) kurikulum kumpulan mata pelajaran yang harus disampaikan guru atau dipelajari oleh peserta didik.

Menurut Dr. Muhaimin dalam bukunya yang berjudul "Wacana Pengembangan Pendidikan Islam" kurikulum dalam arti sempit adalah seperangkat rencana atau pengaturan tentang isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Dari beberapa pendapat diatas dapat ditetapkan bahwa kurikulum adalah semua pengetahuan, kegiatan-kegiatan atau pengalaman-pengalaman belajar yang diatur secara sistematis metodis yang diterima anak untuk mencapai satu tujuan. Selain itu untuk lebih mudahnya, kurikulum sering diibaratkan sebagai paru-paru sekolah. Apabila paru-paru tidak baik, tidak baik pula sekolah tersebut. Namun kurikulum yang baik, merupakan salah satu syarat keberadaan sekolah yang baik.

b. Kurikulum pendidikan agama

Sesuai dengan pengertian kurikulum (seperti uraian terdahulu), dapat dirumuskan kurikulum pendidikan agama. Kurikulum pendidikan agama adalah bahan-bahan pendidikan agama berupa kegiatan, pengetahuan dan pengalaman serta nilai/ norma-norma dan sikap yang dengan sengaja dan sistematis diberikan kepada anak didik dalam rangka untuk mencapai tujuan pendidikan agama, atau dengan rumusan yang lebih sederhana, kurikulum pendidikan agama adalah semua pengetahuan, aktivitas (kegiatan-kegiatan) dan pengalaman-pengalaman serta nilai/ norma-norma dan sikap yang dengan sengaja dan secara sistematis diberikan oleh pendidik kepada anak didik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan agama.

c. Pengertian Kompetensi

Sedangkan kompetensi secara bahasa berarti kecakapan atau kemampuan. Sedangkan secara terminologi merupakan pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam kegiatan berpikir dan bertindak yang dilakukan secara konsisten dan terus menerus yang dapat memungkinkan seseorang untuk menjadi kompeten di bidangnya, kompeten disini dalam artian memiliki pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dasar untuk melakukan sesuatu.

Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2108666-pengertian-kurikulum-berbasis-kompetensi/#ixzz1Z8HVP9aj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar