Kamis, 12 Februari 2015

Mengenal Ash-Shuffah: Tempat Berlindungnya Kaum Miskin Muhajirin (Bag1)

REPUBLIKA.CO.ID, Gelombang kedatangan kaum Muslimin dari Makkah ke Madinah – dalam masa hijrah – ternyata sempat memunculkan masalah. Betapa tidak. Kaum Muhajirin yang menyelamatkan diri dan akidahnya dari siksaan dan terror kaum kafir Quraisy Makkah harus meninggalkan harta, rumah, perhiasaan, dan pekerjaan mereka.

Ketika sampai di Yastrib --  Madinah – kaum Muhajirin tak bisa langsung mendapat pekerjaan. Menurut Dr Akram Dhiya Al-Umuri dalam Shahih Sirah Nabawiyah, mata pencaharian orang-orang Madinah atau kaum Anshor adalah bertani. Sedangkan, kaum Muhajirin adalah para pedagang. Selain itu, mereka tak punya modal dan lahan.

‘’Meski kaum Anshar telah membantu kaum Muhajirin semaksimal mungkin, namun sebagian kaum pendatang itu tetap membutuhkan tempat tinggal,’’ papar Dr Akram. Terlebih, umat Islam yang datang dari Makkah ke Madinah terus bertambah. Di antara mereka banyak yang tak mengenal siapapun. Sehingga mereka membutuhkan tempat berteduh.
Rasulullah SAW tak tinggal diam melihat kenyataan itu. Beliau pun berpikir dan mencari solusi untuk mengatasi masalah yang dihadapi kaum dhuafa Muhajirin itu. Kaum dhuafa yang berasal dari kalangan Muhajirin itu dikenal dengan sebutan ahli shuffah.

Dr Sauqi Abu Khalil dalam Athlas al-Hadith Al-Nabawi  menjelaskan,  Ash-Shuffah sebagai teras yang luas dan tinggi. Menurut dia, As-Shuffah bisa juga berarti tempat berteduh,  dan teras rumah.  ‘’As-Shuffah adalah tempat berteduh di Masjid Nabawi di Madinah selama masa kenabian setelah hijrah. Kaum miskin Muhajirin menjadikannya sebagai tempat tinggal,’’ papar Dr Syauqi. Tentang ahli Shuffah itu, menurut dia, tercantum dalam hadis yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim.

Salah satu solusi untuk mengatasi banyaknya ahli Shuffah, Rasulullah memerintahkan agar bangunan Masjid Nabawi diberi atap. Hal itu terjadi ketika arah kiblat dipindahkan dari Baitul Maqdis ke Ka’bah. Peristiwa itu terjadi setelah 16 bulan hijrahnya Rasulullah ke Madinah.

Bagian masjid yang diberi atap itu, menurut Dr Akram, dikenal dengan sebutan Ash-Shuffah atau tempat berteduh. ‘’Namun, tak ada dinding yang menutup bagian samping bangunan tersebut,’’ paparnya. Dalam catatan perjalanannya Ibnu Jubair menyatakan Ash-Shuffah adalah rumah yang terletak di ujung Quba yang ditempati ahli Shuffah.
Dr Akram menuturkan, luas Shuffah  tak diketahui secara pasti. Yang pasti, kata di, orang yang berteduh dan menetap di As-Shuffah terbilang banyak. ‘’Sampai-sampai Rasulullah SAW menggunakan tempat itu untuk jamuan makan yang dihadiri kurang lebih 300 orang,’’ ungkap  Muslim dalam Shahihnya Kitab An-Nikah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar